Sabtu, 25 Juli 2015

Kapan seharusnya UMKM menjadi besar ?

50.000.000  UMKM untuk berbagai jenis bisnis produk dan jasa ( data ....) jumlah ini sudah sangat besar walaupun belum ideal untuk sebanyak penduduk Indonesia 250.000.000, artinya masih terbuka potensi untuk bertambah secara kuantiti dan masih sangat berpeluang untuk dikembangkan secara kualitas atau volume omsetnya tapi siapa yang "pasti bisa" dan sanggup mengembangkan kedua sisi itu dalam waktu sesingkat mungkin atau tidak lebih dari 2 tahun dan jangan salah kira, omsetnya harus berkembang paling sedikit 5 kali lipat dari posisi tanun 2015.

Jika perkembangan itu nyata, real dan konkrit terjadi didalam kurun waktu kurang dari 2 tahun maka pada tahun ke tiga perekonomian Indonesia akan meningkat minimal 2 digit bahkan nilai eksport akan meningkat minimal 3 kali lipat dan dengan demikian maka nilai rupiah akan naik minimal 30 % dari posisi saat ini, selanjutnya potensi penerimaan pajak akan jauh meningkat lebih besar lagi.

Pertanyaan diatas "Kapan seharusnya UMKM menjadi besar ?" Siapa yang berani menbuktikan angka-angka diatas, bagaimana caranya menambah pertumbuhan  kuantiti jumlah UMKM baru dan mempertahankan yang lama agar tidak berkurang serta dalam waktu yang bersamaan sekaligus meningkatkan Volume / Nilai penjualan berlipat-lipat ( bukan sekedar pertumbuhan 2 digit ).

Persoalannya :

1.Harus melipat gandakan daya beli masyarakat agar mampu belanja di lokasi bisnis UMKM.
2.UMKM harus mampu menggiring Konsumen agar belanja di lokasi bisnis UMKM.
3.Pebisnis UMKM harus meningkatkan kemampuan managemen bisnis dan pemasarannya.
4.Pemerintah harus memberi jalan yang sangat mudah dalam menyediakan modal untuk UMKM.
5.Disiapkan pembimbing Langsung Pebisnis / Praktisi bisnis yang sudah sukses.
6.Dilakukan  pelatuhan Magang langsung praktek di perusahaan mikro lainnya yang sudah berhasil.
7.Difasilitasi dengan konsep / strategi pemasaran yang real sesuai karakteristik produknya.
8.Difasilitasi dengan system bisnis berkelompok agar dapat kekuatan Collective Powers.

Masa globalisasi perdagangan, perekonomian dan perindustrian semakin mendekat dan pada tataran bisnis real sebenarnya "globalisai" tersebut sudah berjalan dari sekarang dan ternyata sekarangpun sudah banyak UMKM yang tak mampu bersaing, terseok-seok bahkan ada yang sudah bertumbangan.

Artinya segala bantuan untuk persoalan diatas harusnya dilakukan sekarang juga, secepat mungkin dan sekonkrit mungkin, bukan untuk beralasan, bukan untuk berpidato, bukan untuk ngeles tapi siapapun, sekecil apapun haruslah dilakukan sekarang, bukan nanti, bukan besok.

Bergabunglah bersama MBC Cp Group sekarang juga, hubungi HP 081 222 474 110 atau mbccpgroup59@yahoo.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar