Kamis, 16 Juli 2015

Cara mengelola area distributor untuk melipatgandakan omset bisnis.

Apakah anda mempunyai perusahaan distributor consumer goods, atau akan membuat perusahaan distributor, atau penanggung jawab perusahaan distributor atau principal yang belum punya distributor ?

Semakin tingginya persaingan antar pabrikan consumer goods saat ini membawa dampak persaingan yang semakin ketat didalam jaringan bisnis dibawahnya termasuk pada berbagai channel bisnis disrtibusi dan sebagainya.

Dibawah ini beberapa sisi yang sudah berjalan dengan bersaing sangat ketat antara lain :

1.Persaingan antar distributor, dalam hal ini setiap distributor akan dinilai oleh prinsipalnya dalam berbagai sisi kompetensinya, systemnya, managementnya, bonafiditasnya, kemampuan sales forcenya, proses kerjanya dan seterusnya.
2.Persaingan antar Produk sejenis dari sisi distribusinya, ketersediaannya, penyebarannya, potensi salesnya, penanganan purna jualnya, controlnya, servisingnya dan kondisi produknya di setiap outlet.
3.Persaingan kualitas personilnya mulai dari jumlah team, kemampuan manager sampai ke level supervisor, salesman sampai ke team deliverynya.
4.Persaingan luas dan kedalaman coveragenya berdasarkan jenis atau type outlet, berdasarkan struktur wilayah kerja, berdasarkan geografi, berdasarkan potensi penduduknya, dll.
5.Persaingan luas space di lokasi strategis didalam tampak depan kios outlet atau di rak display atau di gudang outlet,
6.Persaingan proses penanganan produk oleh pemilik atau pegawai outlet ada yang ditangani secara kasar atau ada juga yang ditangani secara baik termasuk bantuan penawaran ke konsumennya.
7.Persaingan Space didalam mobil box antar produk tidak sejenis didalam satu distributor untuk dibawa kanvas.
8.Persaingan kecepatan dan ketepatan kedatangan ke setiap titik outlet, dll.

Secara keseluruhan berbagai persaingan pada masing-masing sisi tersebut akan mengerucut pada hasil kerjanya atau omset penjualannya dan sampai pada sisi ini sering tidak terlalu disadari oleh jajaran management pada beberapa perusahaan distrubutor.

Kebanyakan hanya di tumpukan pada pundak salesmannya saja, tidak mampu lalu dipecat, padahal unsur-unsur tadi sebenarnya bisa diurai sedemikian rupa sehingga titik simpul yang menghambat pertimbuhan omset dapat terlihat pada setiap sisi tersebut sebesar apa persaingan atau hambatan pada setiap titk tersebut dan pada akhirnya team management bisa mengambil langkah-langkah action yang setrategis dan tepat.
Cara termudah untuk mengurai sampai didapat berbagai kendala serta solusi yang paling tepat untuk itu adalah dengan memanggil ahlinya dan untuk itu team kami siap meluncur ke tempat anda atau hubungi kami di HP 081 222 474 110 atau Email : mbccpgroup59@yahoo.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar