Rabu, 22 Juli 2015

Cara membuat proposal marketing atau program promosi

Kebutuhan atas suksesnya pemasaran sebuah produk saat ini akan tertumpu pada kemampuan dan kreasi cara berpromosi dan untuk itu akan dibebankan kepada jajaran team marketing sebagai divisi yang paling kompeten untuk mendongkrak jumlah volume penjualan setiap bulan, tidak ada kompromi atau tawar-menawar bahwa keberhasilan team marketing hanya dilihat dari "kenaikan" omset setiap bulan sampai dapat tersaji pencapaian target yang sudah di tetapkan, selain itu sebaik apapun alasan seorang manajer marketing jika omsetnya "tidak memuaskan" tetap saja umurnya tidak akan lama.

Ada beberapa sisi yang wajib di siapkan untuk berhasilnya sebuah promosi sisi pertama adalah bagaimana cara meyakinkan seorang bos agar dia percaya dan akhirnya berani menyetujui proposal yang anda ajukan, inilah titik awal keberhasilan anda di dunia marketing.

Apabila anda sudah menyusun sedemikian rupa sebuah proposal dan siap di ajukan kepada bos anda maka anda harus siapkan beberapa  jawaban yang mantap  jika anda ditanya setelah proposal tersebut sampai di tangan bos anda, bahkan bos anda belum baca pun proposal tersebut, bos anda sudah akan bertanya tentang isi proposal tersebut. 

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh bos sebelum membaca proposalnya antara lain :
1.Berapa besar biaya yang kamu ajukan didalam proposal ini ?  Untuk itu anda harus menjawabnya denga fasih dan hafal betul jangan sampai didepan bos, anda harus membuka salinan proposalnya.
2.Berapa jumlah penjualan yang akan didapat selama periode promosi dengan menghabiskan sejumlah biaya tersebut ? Jawablah dengan fasih jangan sampai membuka proposalnya.
3.Apa jaminannya jika sejumlah biaya tersebut saya keluarkan dan omsetnya dapat terjadi sesuai estimasi kamu ? Jawablah dengan tegas sesuai rencana anda.
4.Jika seluruh usulan anda didalam proposal ini saya setujui apakah seluruh proses dan hasilnya akan berjalan denga benar-benar terwujud ? Jwablah sesuai rencana yang anda sudah siapkan.
5.Siapa yang saya harus minta pertanggung jawabannya jika program yang anda usulkan ini ternyata tidak terbukti dan apa tanggung jawab anda secara real/konkrit ?

Ada lima pertanyaan utama yang sering ditanyakan oleh para bos sebelum menyetujui proposal tersebut bahkan jika dia sudah membacanya mungkin pertanyaannya akan lebih banyak lagi, sebagi manajer marketing tentu saja anda tidak bisa menjawab asal-asalan harus berdasarkan analisa detil sebelumnya, semuanya harus disiapkan secara baik agar didalam menjawab semua pertanyaan bos itu akan sangat lancar dan fasih secara lisan tanpa melihat proposalnya atau beberapa bos malah minta di presentasikan terlebih dahulau dihadapan team management sehingga anda benar-benar dituntut sangat siap untuk menjelaskan semuanya.

Untuk menghadapi hal itu biasanya diawali denga persiapan menyusun fisik proposalnya :

Contoh Ringkasan Proposal Program Promsi :

1.Judul Promosi : Kupon Undian Berhadiah
2.Area Cakupan Program : Jawa Tengah
3.Tujuan Program : Konsumen atau Trader atau Agen atau Distributor ( pilih ).
4.Produk / Brand : Kue EPPO
5.Periode Promosi : 1 Januari 2015 s/d 1 April 2015.
6.Jumlah Biaya Promosi : Rp .................................( lampirkan rinciannya ).
7.Jumlah Estimasi penjualan : Rp............................( lampirkan rinciannya ).
8.Ratio Biaya terhadap penjualan : ....% ( lampirkan rinciannya )
9.Sumber biaya : Budget Marketing Pusat/ Budget marketing area/ budget operational.
10.Mekanisme Program : Setiap pembelian Rp 20.000,- dan kelipatannya diberikan gratis 1 lbr Kupon Undian berhadiah.
Kupon undian diisi Identitas Konsumen kemudian di masukkan kedalam kotak pengumpulan kupon yang disiapkan di outlet-outlet tertentu.
Kumpon yang sudah terkumpul ditarik oleh team marketing untuk dikumpulkan di gudang marketing untuk disiapkan menghadapi hari H pengundian.
Jumlah kupon yang di cetak ...................lembar, target pengeluaran kupon ...............lbr ( dimonitor )
Rencana Pengundian : tanggal.....................
Hadiah Utama...........
Hadiah Kedua.............
Hadiah ketiga, keempat, dst.
Proses pengundian............( dijelaskan ).
Perijinan :........
Pajak Undian :................
Pengiriman Hadiah kepada pemenang :

Demikian Proposal ini di ajukan dan terimakasih atas dukungannya.

Jakarta, Tanggal 02 Januari 2015
Diajukan Oleh                                                                                Diketahui oleh




AS                                                                                                   RM
Area Manager                                                                          Regional Manager

                                            Disetujui oleh



                                                 DSG
                                  Nasional Marketing Manager



                                             Diketahui oleh 


                                                  ANR
                                                  CEO        

Lampiran : 5 lembar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar