Minggu, 26 Juli 2015

Cara Meningkatkan Penjualan dan area management



Meningkatkan Penjualan & Area Management


Meningkatkan penjualan adalah wajib, setiap detik, setiap jam, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan dan setiap tahun bagi seorang Produsen, Sales Manager, Area Manager dan Marketing Manager.

Tapi tugas ini sangat tidak mudah dan sangat memerlukan tindakan-tindakan aktif tidak hanya teori, untuk itu saya akan membantu anda untuk mempermudah bagaimana caranya “mendongkrak penjualan,” yang secara langsung bisa di aplikasikan didalam pekerjaan anda yang menangani produk consumer goods.

Ada empat bagian utama yang mempengaruhi penjualan yang masing-masing tidak bisa dipisahkan, tapi dalam hal ini saya akan bahas salah satu saja dari bagian itu, yaitu :

 1.Faktor pengelolaan Area atau di dalam buku sering disebut sebagai Placement, yaitu dengan mendeteksi setiap titik, setiap sudut, setiap kampung, setiap jalan, setiap perumahan, setiap RT, setiap RW, setiap desa, setiap kecamatan dan setiap kota harus dapat diinventarisir seluruh oulet, kios, warung, toko, minimarket, grossir, agen, sub.distributor, supermarket, kantin, koperasi, kantoran, lokasi wisata, dan institusi lainnya yang layak menjual produk anda agar produk tersebut dapat ditempatkan sedekat mungkin dari jangkauan konsumen.
    Kumpulan dari data itu harus disusun berbentuk daftar nama-nama outlet lengkap dengan alamatnya, no HP dan potensi produk yang bisa dijual di outletnya, khususnya produk kita dengan kompetitornya kemudian data itu disusun berdasarkan urutan kunjungan ke 1 sampai ke 30 untuk dipakai sebagai acuan rute kunjungan team penjualan dalam satu hari, begitu seterusnya berurutan sesuai panjangnya jalan atau satu area terdekat, ukuran tersebut disebut sebagai “satu rute” atau satu jalur untuk dikunjungi oleh satu orang salesman dalam satu hari ( misalnya untuk dikunjungi hari Senin ).

    Langkah berikutnya adalah menandai setiap outlet tersebut dalam bentuk simbol sesuai fungsi aslinya yaitu , sebagai berikut :

1.Pabrik, diberikan simbol       : P
2.Distributor diberikan simbol : D
3.Sub Distributor, diberikan simbol : SD
4.Agen, Diberikan simbol : A
5.Grossir, diberikan simbol : G
6.Semi Grossir, diberikan simbol : SG
7.Retailer, diberikan simbol : R
8.User diberikan simbol : U

    Huruf-huruf  sebagai simbol atau tanda-tanda diatas tidak ada standarnya jadi anda bisa menandainya menurut versi anda sendiri.

  Gambar 1.
  Format Daftar Register  Outlet
  Rute Kunjungan  : Jalan Roda
  Hari Kunjungan  : Senin 1
  Nama Salesman : Adun
No
Nama outlet
Alamat lengkap
No HP
Potensi
Produk A
Potensi Produk B
Kode outlet
1
Toko Dadar
Jl..Roda No 77 Jakarta
11122233344
10
20
R
2






3






4






5






6






7
Dibuat sampai No 30







    Langkah berikutnya adalah menggambarkan  setiap titik outlet, kios, warung dan outlet lainnya yang didaftar didalam satu rute tersebut, dibuat dalam bentuk gambar peta jalan untuk satu rute saja, dan seterusnya untuk rute yang lainnya sampai sejumlah rute penuh untuk 6 rute ( jika kunjungannya semingguan atau sering di sebut kunjungan 4/4 atau dikunjungi 4 kali dalam 4 minggu ), dan dibuat 12 rute jika kunjungannya 2 kali dalam 4 minggu atau sering disebut kunjungan 2/4, artinya dikunjungi 2 kali dalam 4 minggu.
 

Proses kunjungan, penawaran dan delivery sangat dipengaruhi adanya faktor eksternal yang berdampak terhadap laulintas distribusi produk yaitu antara lain, kondisi jalan, rambu-rambu lalulintas, adanya portal, kepadatan lalulintas kendaraan, arus jalan, luas tempat parkir, kondisi pasar, sebaran outlet dan sejenisnya, karena itu keadaan ini harus dipertimbangkan didalam pembahasan SOP untuk bidang pembuatan rute ini bahkan kalau diperlukan bisa minta dispensasi kepada yang berwajib.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perusahaan-perusahaan yang khusus bergerak dalam bidang distribusi ( Ditributor ) menjadi sangat penting dan sangat dicari oleh pabrikan atau importir, tetapi mereka tentu akan memilih Distributor yang lebih profesional, kompeten dan konsisten, untuk membedah dan mengurai  alur distribusi yang paling cepat, paling tepat dan mampu berkompetisi dengan distributor lainnya dengan mengutamakan pelayanan yang paling prima karena pengetahuan dalam hal strategi penjualan, management area serta pengelolaan perusahaan distributor tersebut, diperlukan  tenaga ahli dan pengetahuan yang spesifik  agar potensi penjualan dapat di gali secara optimal.

Untuk perusahan-perusahaan produsen yang belum punya system atau belum punya perusahaan distributor sendiri maka bisa membentuk Divisi atau bagian yang khusus menangani bidang tersebut walaupun perusahaannya masih bersatu didalam perusahaan induknya atau bisa juga  menitipkan produknya di perusahaan distributor yang berorientasi pada market oriented dan bisa menampung banyak produk.

Penataan area untuk perusahaan-perusahaan UMKM yang pada umumnya kapasitas produksinya dan jumlah team salesmannya masih sedikit maka dianjurkan untuk mengelola area dengan cara yang sama tetapi areanya terbatas dulu secara fokus di area terdekat dari pabriknya agar lebih fokus dan peredaran produknya lebih maksimal atau bisa di sebut “menguasai” didaerahnya, sehingga suatu saat akan bisa dengan mudah di kembangkan di daerah lainnya dengan cara yang sama.

Dengan demikian produk anda akan tersedia dan tersebar dengan sangat luas dan sangat dekat dengan konsumennya artinya akan terjual denga sangat mudah dan sangat luas terjangkau oleh sebanyak-banyaknya konsumen yang tentu saja pada akhirnya akan meningkatkan penjualan dengan sangat signifikan dan kekuatan penyebaran produk tersebut juga sekaligus menjadi kekuatan pasar produk anda sehingga dapat di sebut progres peningkatan penjualan tersebut akan sangat stabil dan hal ini pula yang akan menjadi pendorong untuk tingkat efektifitas Promosinya baik above the line ataupun be low the line.

Karena itulah Perusahaan Distributor menjadi sangat dibutuhkan dan hal ini berarti juga sebagai peluang bisnis yang sangat terbuka untuk menjadi pengusaha dengan membuat PERUSAHAAN DISTRIBUTOR CONSUMER GOODS.


2.Tiga Faktor lainnya yaitu Produknya, Harganya dan Marketing ( Promosi, Iklan, Event-Event, ATL, BTL,dll ), akan dibahas dalam bagian lain.














































Tidak ada komentar:

Posting Komentar